Sunday, October 26, 2014

Batik Tulis Pasarkolot Kualitas Dunia | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Assalamualikum! Helo sobat Tasik eksis apa kabarnya? Seperti bisa ketemu lagi bersama gue My Ano si bloger yang bakalan memberikan info-info menarik seputar info lowongan kerja, tempat pariwisata, event di tasik, dan berita terkini. Oh ya sobat eksis pada kesempatan kali ini gue mau ngebahas tentang salah satu kerajinan asal asli dari Tasikmalaya. Apa itu? yups Batik

Sobat eksis tau Batik tulis kan? Tau lah yah nih di kampung gue ada sentra kerajinan yang mesti di kunjungi selama wisata di kabupaten Tasikmalaya adalah Kampung Batik Pasarkolot, di Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja. Di antara sentra-sentra kerajinan yang lain destinasi ini sudah tertata dan representative. Menuju ke kampung Batik dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 17 kilo meter dengan angkutan kota bis Fajar . Ongkos satu kali naik Rp 6.000. Bila di sukaraja sobat bisa memakai jasa ojek sekitar Rp 3000-4000 tergantung bisanya nawar.

Selain menjual kain dan fashion beberapa produsen batik sudah memberi ruang kepada pengunjung untuk menyaksikan proses membuat batik mulai menggambar, melukis hingga mencelup. Bisa juga mencoba melukis batik sendiri atau menggambar.

Di sentra rumah batik mang Uyung (Supyan) misalnya sejak masuk galeri batik sudah di suguhkan dengan pemandangan para perajin yang sedang membuat pola batik di sekitaran belakang rumahnya.

Pengunjung juga bisa melihat ibu-ibu melukis dengan cantingnya. Dan para perajinnya juga menawari pengunjung bila mau melihat proses membatik atau mau foto-foto. Mereka sudah terbiasa menerima para tamu yang ingin menyaksikan pembuatan batik.

Kita juga akan tahu seberapa lama proses membatik. Kalau batik tulis murni satu lembar kain bisa mencapai 1 bulan. Pantas saja harga batik tulis murni bukup mahal, mulai dari Rp 300.000 per potong untuk satu baju hingga Rp 700.000

Batik tulis kampung Pasarkolot sangat khas dengan warna cerah seperti merah terang atau coklat terang corak bungannya banyak diilhami kondisi alam seperti bunga anggrek melati.

Setiap akhir pekan mobil-mobil pemda Tasik seperti dinas pariwisata dan jebudayaan suka memborong oleh-oleh batik tulis kampung Pasarkolot untuk sanak keluarganya. Dan ada juga bule asing mancanegara yang tertarik membeli kerajinan batik khas kampung pasarkolot ini, maka dari itu di sebutlah batik tulis pasarkolot berkualitas dunia. Harga batik di sini sangat terjangkau. Anda gak percaya? Datang aja ya.

Selain batik tulis milik mang Uyung ada juga batik mang Enung, mang Amun dan tidak jauh dengan batik milik mang Uyung. Sekedar membandingkan harga serta keunikan masing-masing corak batik, boleh Anda mencoba masuk galery nya dan sekedar bertanya-tanya. Para pengerajinnya sangat ramah melayani setiap pertanyaan seputar batik dengan sabar, kalau belum puas di 3 pengerajin batik jajal saja ada belasan industri yang tersebar di kampung batik itu.

Ok cukup sekian dulu berbagi info pengetahuannya gue My Ano pamit undur diri di hadapan Anda semua. Cie cie Batik tulis Pasarkolot Eksis cie.Jangan lupa nantikan blog artikel episode selanjutnya hanya di Tasik Eksis.Com. Jangan lupa juga biar ga panik tolong Add facebook gue MyAno dan  Invite pin bb gue 538e6a6b Tonghilap


No comments:

Post a Comment