Saturday, November 15, 2014

Ada Mamah Dedeh Ceramah di Mesjid Agung Sukaraja



Oleh Admin My Ano Karno

My Tasik Eksis-Alhamdulilah tadi pagi telah terselenggara pengajian bersama Mamah Dedeh Ustazah kondang yang setiap Subuh memberi ceramah di stasiun TV Indosiar. Siapa sih yang tidak kenal dengan Ustazah Mamah Dedeh? Ustazah yang terkenal dengan ceramah dan ketawa khasnya ini, pasti sudah banyak dikenal oleh semua khalayak. Ustazah mamah Dedeh juga identik dengan ceramahnya yang dicampur dengan komedi yang kritis, sesuai dengan realita yang ada. Baru-baru ini DKM Sukaraja mengadakan ''Tabligh Akbar bersama Ustazah Mamah Dedeh yang diselenggarakan di halaman Mesjid Agung Sukaraja''. Minggu (16/11) Mamah Dedeh menjadi bintang utama di acara tersebut. Tepat jam 09:30 WIB Mamah Dedeh sampai di Mesjid dan jemaah sangat bahagia menyambutnya, bak ABG yang berjumpa dengan bintang pujaan jamaah sontak berdiri dan menyalami Mamah Dedeh sehingga beliau kesulitan untuk memasuki area panggung dakwah dan mendapatkan duduk. Acaranya dimulai pukul 10:00 WIB ini. Halaman Mesjid diisi penuh oleh orang-orang dan pastinya ibu-ibu lebih banyak jumlahnya dari bapak-bapaknya.

Begini, gue termasuk ngefans dengan Mamah Dedeh. Menurut gue, beliau mempunyai kriteria yang komplit sebagai penceramah. Gue mempunyai opini bahwa penceramah yang komplit adalah 3 kriteria berikut Materi ceramah, Kritikan, Lelucon. Dan beliau memenuhi itu semua. Jujur aja gue termasuk yang mengagumi beliau, suka dengan ceramah Mamah Dedeh. Penyampaiannya ceplas-ceplos, tegas dan tidak ragu. Ayat-ayat Al-Quran dan Hadits yang dihafal juga seakan-akan di luar kepala, saking hafalnya keluar begitu saja ketika dibutuhkan untuk menguatkan penjelasan. Beliau juga tidak ragu untuk menyampaikan printah atau larangan agama yang bagi masyarakat umum yang masih kurang enak didengarkan.

 Tadi pagi saat gue mendengarkan beliau ceramah, beliau dengan cerdasnya memberikan materi ceramahnya, namun tidak memberikan rasa bosan sama sekali. Ada goong di setiap topik yang dibicarakan yang disambut dengan tawa oleh para hadirin. Goong-nya tidak sekitar konyol-konyolan saja, tapi ada kritikan didalamnya, ada pesan yang tersirat secara tidak langsung disitu.
Temanya bermacam-macam. Mulai dari seputaran pernikahan, Kesombongan, fiqih, sholat, hingga tentang cara berumah tangga yang baik. Tadi gue sempet catat dalil-dalil ayat Al-Quran yang di bahas Mamah Dedeh di antaranya:
 
1. Surat At-Tauubah ayat 36
2. Surat Adhuha ayat 6,7 dan 8
3. Dan surat Al Araf ayat 36


Tapi sayang di akhir dakwahnya Mamah Dedeh sedikit kecewa karena Sound Syistem nya kurang keras kurang memuaskan Katanya. Ditambah lagi kursi yang sudah disiapkan tim panitia tidak cocok dengan yang diinginkan Mamah Dedeh. Tapi tak apalah Mamah Dedeh sudah memakluminya, namanya juga manusia tidak lepas dari kesalahan.

Jadi intinya dari seluruh topik dakwahnya, Mamah Dedeh menyarankan agar kita selalu membaca do'a-do'a yang ada di dalam Al-Quran. Dari pengajian ini ternyata Mamah Dedeh mempunyai ilmu yang sangat luas tentang Agama dan beliau dengan mudah membacakan dalil-dalii dari Al-Quran maupun dari hadis-hadis Rasullulah.

Pada bagian akhir sampai ada sesi tanya jawab. Banyak sekali pertanyaan yang di sampaikan baik secara lisan maupun secara tertulis. Setelah selesai ceramah langsung Mamah Dedeh di serbu kembali oleh jemaah untuk berfoto bersama, mulai dari nenek-nenek sampai yang muda-muda bahkan bapak-bapaknya pun minta berfoto bersama dengan Mamah Dedeh. Kehadiran Mamah Dedeh di Mesjid Agung Sukaraja telah membangkitkan gairah syiar Islam, banyak warga yang selama ini jarang hadir dipengajian, tapi sekarang mereka datang dan insya Alloh mereka akan terus hadir dipengajian rutin berikutnya. Amin

Ok cukup sekian dulu gue My Ano pamit undur diri di hadapan Anda semua. Jangan lupa nantikan blog artikel episode selanjutnya. Cie cie Mamah Dedeh Eksis di Sukaraja cie. Tidak lupa biar ga panik tolong follow twitter gue @MyAnoDotCom Dan Add Facebook gue MyAno West Java

1 comment: