Thursday, December 25, 2014

Mudik Ke Tasikmalaya, Ini 10 Tempat Objek Wisata Yang Wajib di Kunjungi | My Ano


Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Libur bulan Ramadhan memang waktu yang paling ditunggu oleh banyak orang, karena selain rentang waktu liburan yang cukup lama, cuti ramadhan juga yang tepat untuk mendapatkan semangat baru untuk menyambut kemenangan. Berikut ini 10 tempat objek wisata yang wajib di kunjungi. Cekidot

1. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung terletak di kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Desa Linggajati, kecamatan Sukaratu, kab Tasikmalaya, dengan ketinggian 2167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Gunung Galunggung menjadi tempat favorit berwisata di akhir tahun 2014.

2. Cipanas Galunggung


Cipanas Galunggung merupakan area pemandian kolam air panas. Berendam air panas sepertinya adalah pilihan yang paling tepat untuk menghilangkan rasa penat dan lelah setelah menikmati keindahan kawah Galunggung dan menjadi tempat wisata akhir tahun 2014 yang dapat Anda kunjungi.


3. Situ Gede

 
Situ Gede merupakan sebuah danau seluas 47 Ha dengan kedalaman air antara 1,5 sampai 6 meter. Ditengah-tengah terdapat sebuah pulau dengan luas 1 Ha. Letak situ Gede relatif dekat dengan pusat kota Tasikmalaya, kurang lebih 4 km. Aktivitas para wisatawan yang dapat dilakukan adalah joging, memancing, menjala ikan, mengelilingi pulau dengan rakit, menikmati pemandangan alam dengan nuansa pedesaan yang sejuk dan segar. Menikmati bakar dan goreng ikan serta ziarah ke pulau situ Gede.

4. Situ Sanghyang

 
Situ Sanghyang merupakan sebuah danau dengan beberapa saung di tepi danau dengan luas 37 Ha dengan kedalaman air antasa 1,5 sampai 6 meter. Banyak jejeran pohon rindang di sisi danau ditambah bunga teratai serta airnya yang tidak pernah surut menjadi daya tarik tersendiri dari situ Sanghyang. Objek wisata situ Sanghyang ini lebih tepatnya berlokasi di antara Desa Cilolohan dan Desa Cibalanarik, kecamatan Tanjung Jaya, yang berjarak sekitas 25 km dari pusat kota Tasikmalaya.

5. Pantai Balitujah Tasikmalaya

 
Pantai Balitujah adalah sebuah pantai yang indah yang menghadap ke arah perairan lepas samudera Hindia, tepatnya di pesisir selatan pulau jawa. Secara administratif berlokasi di Desa Cipatujah, kecamatan Cipatujah, kabupaten Tasikmalaya. Dari pusat kota Tasikmalaya berjarak kira-kira 80 kilo meter arah selatan. Bagi Anda yang hendak menuju ke pantai Balitujah dengan kendaraan umum.
Berikut caranya:
Dari terminal Indihiyang tipe A Anda bisa naik bis jurusan Tasikmalaya-Cipatujah/Pamayang/Ciheras dan mintalah turun di Pantai Balitujah

6. Kebun Teh Taraju

 
Udara sejuk, suasana tenang, dedaunan hijau yang memanjakan mata, itulah gambaran kebun teh Taraju Tasikmalaya. Tepatnya berjarak sekitar 22 km dari kecamatan Salawu dan berjarak 65 km dari Kota Tasikmalaya. Terdapat bukit-bukit kecil yang diselimuti hamparan dedaunan teh. Perkebunan teh Taraju ini, sering dijadikan tempat camping bagi orang-orang pencinta alam. Sebab udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah, sangat sayang bila berkunjung hanya sebentar saja.

7. Pabrik Engsun Dadaha

 
Dulunya Pabrik Engsun Dadaha adalah sebuah pabrik terbesar di Tasikmalaya, yang memproduksi tepung tapioka halus sama aci. Tapi setelah di tutup sekitar tahun 2000 an, pabrik tersebut jadi tidak terurus lagi. Bangunan yang belum jadi yang dibelakangnya kini menjadi tempat Wisat foto seperti foto free weading pernikahan dan foto selfie

8. Kampung Naga

 
Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang di huni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya. Penduduk kampung Naga terkenal karena keramahannya ketika menyambut wisatawan lokal maupun asing. Dijamin anda akan merasa betah menginap beberapa hari di sini. Kampung Naga berada di Desa Neglasari kecamatan Salawu, kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

9. Danau Lemona Tasikmalaya

 
Danau Lemona adalah salah satu alternatif tempat liburan akhir tahun di Tasikmalaya. Terletak di Salopa, arah selatan kota Tasikmalaya. Jaraknya 15 km dari kantor Samsat Papayan kabupaten Tasikmalaya. Meskipun hanya danau buatan, namun penataan yang apik membuat Anda tidak menyesal mengunjungi tempat ini. Terdapat beberapa fasilitas wisata seperti jembatan terapung, jembatan gantung, sepeda air dan tentu saja saung-saung (resto) tempat Anda memesan dan menikmati makanan khas sunda. Di hari-hari tertentu seperti hari minggu dan hari libur tahun baru Danau Lemona menontonkan live music.

10. Rest Area Urug Rimbun

 
Jika Anda berwisata menuju daerah selatan Tasikmalaya (Kidul) sempatkanlah untuk beristirahat sejenak di Rest Area Urug. Rest Area Urug terletak di Desa Urug, kecamatan Kawalu, kota Tasikmalaya dan merupakan hutan milik perhutani seluas 300 ha. Karcis masuk area ini hanya Rp.5000 rupiah. Anda bisa menikmati pemandangan pohon-pohon besar yang masih rimbun dan sejuk. Selain menikmati keindahan wahana wisata urug rimbun para pengunjung dapat melakukan rekreasi Out Bound, Off Road, Rekreasi Hutan, Joging Track, Camping Ground, Speda Santai, Motor Cros, Foto Free Weading Pernikahan dan bermalam bersama keluarga di hotel saung hateup.


Itulah beberapa tempat wisata akhir tahun 2014 yang dapat Anda kunjungi sebagai tempat untuk memanjakan diri dan untuk mendapatkan semangat baru untuk menyambut tahun baru 2015. Semoga blog sederhana ini menjadi referensi buat Anda semua dan semoga bermanfaat.

Ok cukup sekian dulu berbagi rekomendasi tempat wisatanya gue My Ano si blogger yang belum terkenal dari Tasikmalaya pamit undur diri di hadapan Anda semua. Jangan lupa nantikan blog artikel episode selanjutnya hanya di Tasik Eksis.Com. Jangan lupa biar ga panik tolong follow twitter gue @MyAnoDotCom dan Add facebook gue MyAno West Java. Tonghilap

4 comments:

  1. Usulan Sob.. saya minta Alalamat tempat-tempat Ziarah/Makam Wali dan para Sholihin yang ada Di Tasikmalaya, karena itu juga merupakan Objek wisata religi dan membawa sejarah yang luar biasa.

    ReplyDelete