Thursday, October 30, 2014

Situ Sanghyang, Satu-Satunya Objek Wisata Air di Kab Tasikmalaya



Secara kasat mata situ sanghyang yang berada di Desa Cilolohan Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Situ ini hampir sama dengan situ gede yang ada di kota Tasikmalaya, namun menurut gue situ sanghyang jauh lebih memikat di bandingkan situ gede.

Situ sanghyang merupakan situ yang berisi berdebit air yang terbentuk oleh alam yang membentuk sebuah danau besar dengan air berwarna jernih. Situ sanghyang ini berada di ketinggian kurang lebih dikira-kira 1512 M di atas permukaan laut dengan luas sekitar 12 hektar.

Di lokasi ini sangat nyaman menikmati udara sejuk serta permainan air seperti perahu dan rakit. Kalau waktu Anda luang cobalah mancing di tengah situ dengan menggunakan rakit. Menuju objek wisata air ini sangat mudah, jarak dari Sukaraja kab Tasikmalaya sekitar 6 kilo meter. Jangan khawatir buat Anda yang ingin naik kendaraan umum. Ada yaitu Anda bisa naik angkutan bis fajar dengdek jurusan Cibalanarik yang khusus ke lokasi, itu pun sampai di gerbangnya, kalau mau ke situnya pake ojek aja. Tapi sayangnya dari terminal Cibalanarik menuju situ, akses jalannya benar-benar rusak parah, berlubang serta berdebu. Tapi gue jamin selama pengunjung tidak akan bosan karena di suguhkan pemandangan situ yang eksotis dan mempesona.

Alternatip kendaraan jika tidak menggunakan kendaran pribadi menggunakan angkot sewaan atau taksi. Satu angkot tidak akan sampai Rp 300.000 untuk rombongan pake taksi sekitar Rp 200.000 tergantung juga kalau Anda bisa tawar-menawar. Masuk ke lokasi hanya Rp 5000 bagi dewasa dan Rp 3000 bagi anak-anak. Sewa rakit untuk mancing di tengah situ Rp 30.000 sepuasnya.

Untuk kuliner di lokasi ini sangat murah, yang khas antara lain ikan bakarnya. Bila belum puas, pengunjung bisa jalan kaki keliling situ melalui jalan setapak yang sudah tersedia yang akhirnya menuju tempat ruangan bangunan yang berisi berbagai koleksi foto situ pada jaman dahuiu. Di sepanjang jalan Anda bisa menyaksikan para pemancing mania berjejer di semak-semak sambil menunggui jorannya di sambar ikan. Di situ sanghyang pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti : Ngaliwet, hikking, tracking, camping, fotografi, berenang, serta pacaran atau pun mojok. Keliling situ sanghyang memakan waktu 1 jam saja. Bila hari Minggu jalan ini padat oleh pengunjung yang lagi pada pacaran, cie Cie cie pacaran nih cie.

Ok cukup sekian dulu gue My Ano pamit undur diri di hapapan Anda, tapi, tapi, tapi jangan lupa nantikan artikel selanjutnya. Acie cie cie situ sanghyang eksis di dunia maya cie. Eh tidak lupa biar gak pada panik tolong follow twitter gue @MyAnoDotCom Dan Add Facebook gue MyAno West Java



No comments:

Post a Comment