Sunday, December 21, 2014

Memperkenalkan ''Museum Sukapura'' di Sukaraja | Blog My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Hello sobat tasik eksis! Selamat malam, salam sejahtera buat semuanya. Seperti biasa ketemu lagi bersama gue My Ano yang bakalan memberikan informasi-informasi bermanfaat buat sobat Tasik eksis. Pada kesempatan yang berbahagia ini, gue mau mengenalkan sebuah bangunan bersejarah yang ada di tempat tinggal gue, nama bangunannya adalah ''Museum Sukapura''. Sodara-sodara ada yang tau tempat itu? pasti ga tau yah! Mungkin Anda akan bertanya-tanya ''Museum Sukapura? emang ada ya?'' mungkin kata-kata itulah yang terlintas dalam benak Anda! Iya kan. Makanya gue sebagai blogger berkelahiran Sukaraja, gue mau menceritakan tempat itu sekaligus mempromosikan tempat bersejarah tersebut.

Istilah Sukapura yang tentu sangat familiar di telinga kita dengan semboyan ''Sukapura Ngadaun Nngora'' memiliki sebuah bangunan Museum yang berada di kecamatan Sukaraja, kab Tasikmalaya

Museum Sukapura atau museum alit ini dulunya merupakan bekas pemerintah Sukapura di daerah Sukaraja, namun sayangnya bangunan ini tidak terpelihara. Museum Sukapura diresmikan pada tanggal 19 Agustus 2000 oleh Bupati Tasikmalaya. Museum ini mengoleksi beragam tinggalan dari pemerintahan Sukapura yang dibentuk Belanda pada tahun 1652.

Di dalam bangunan Museum yang sederhana ini, banyak terpangpang foto-foto jaman penjajahan, terlihat seperti foto pendopo masa lalu. Mesjid Agung Manonjaya yang tentunya tidak terlepas dari penjajah kala itu yakni VOC, terlihat foto-foto yang terpangpang juga bukan merupakan hasil karya foto asli tapi merupakan hasil repro dari foto aslinya yang mungkin beberapa ada di negeri Belanda.

Koleksi Museum Sukapura menyimpan koleksi tinggalan pemerintahan Sukapura yang diperkirakan pernah eksis di bawah Gunung Galunggung. Namun belum seluruhnya benda-benda peninggalan kerajaan tersebut disimpan di Museum Sukapura karena sebagian masih dimiliki perorangan dan masih disimpan oleh pemilik Yayasan Sukapura. Adapun koleksi yang tersimpan di Museum tersebut diantaranya:
1. Aneka senjata (Meriam, Senjata Api, Bedil, Tombak, dan senjata tinggalan leluhur Sukapura ( Kujang, Gobang, Keris, dan Golok)
2. Alat kesenian berupa gamelan yang terdiri dari Goong, Bonang, Saron, Peking, dan Gendan.
3. Alat-alat rumah tangga ( Garpu, Sendok, Piring, Teko, dan tempat Sirih)
4. Macam-macam Peteka Bupati Sukapura
5. Perlengkapan pakaian ( Binokasih, Sigeri, kembang Goyang)
Museum Sukapura ini dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 60 menit dari Terminal Indihiyang dengan menggunakan kendaraan bermotor. Lokasi ini tepatnya berada disamping belakang terminal X Sukaraja yang juga berdekatan dengan Sekretariat Yayasan Wakaf Sukapura sebagai pengelola warisan budaya Sukapura. lebih tepatnya bangunan ini berada di depan Sekolah Kesehatan Bakti Kencana sukaraja. Yayasan Wakaf Sukapura ini mengelola 5 Mesjid, 6 Pesantren, Makam, Tanah sekitar 400 ha dan tentunya Museum dll.

Ok cukup sekian dulu berbagi info sejarahnya, gue My Ano pamit undur diri di hadapan Anda semua. Jangan lupa nantikan blog artikel episode selanjutnya. Cie cie cie Museum Sukapura Eksis cie. Jangan lupa juga biar ga panik tolong  Add Facebook gue MyAno dan invite pin bb gue 538e6a6b Biar nambah teman. Tonghilap



No comments:

Post a Comment