Saturday, November 22, 2014

UMR Kota Tasikmalaya 2015 Rp 1.450.000



Oleh Admin My Ano Karno

My Tasik Eksis.Com
Ngomong ngomong masalah Gaji. Eangnya Upah Minimum Regional (UMR) Tasikmalaya berapa sih? hey pembaca setia ada yang tau? coba yang tau acungkan tangannya! Kok gak ada yang ngacungkan tangan ya, wah wah wah gak ada yang pada tau yah (ya iyalah gak pada tau! Emangnya sekarang pada baca blog gue ini yah? sepi kunjungan kodong sekarang mah! Kasian ya gue udah capek-capek ngetik, gak di baca sama temen-temen fb gue, nasib, nasib, nasib). Tapi denger-denger nih, tahun 2015 UMR di Kota Tasikmalaya entah itu kota-kota yang lainnya kemungkinan bakal ada perubahan. Setelah tadi gue baca koran sih UMR Tasikmalaya ada kenaikan getoh! Konon katanya upah minimum kota Tasikmalaya 2015 ditetapkan Rp 1.450.000 jumalah tersebut naik 17,22 persen dari UMR tahun 2014 Rp 1.237.000. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tasikmalaya menyatakan penetapan telah disepakati oleh para pengusaha dan perwakilan serikat pekerja.

Penetapan UMR ini didasarkan hasil penentuan kebutuhan hidup layak yang didapat dari survei di lapangan. Survei tersebut melibatkan pemerintah daerah, pengusaha, serikat pekerja dan pakar perekonomian. Survei-survei tersebut dilakukan di berbagai PD. Pasar dan Mall yang tersebar di Tasikmalaya.

Penentuan UMR ini telah di umumkan oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan bahwa upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang baru untuk 27 kabupaten kota di Jawa Barat. Pengumuman disampaikan di Markas Pusat Kesenjataan Infanteri, jalan Supratman, kota Bandung, jumat (21/11/2014)

Keputusan Gubernur tersebut ditetapkan dalam surat keputusan dengan nomor surat 560/kep.1581-Bangsos/2014. Nilai UMK yang telah ditetapkan berlaku untuk tahun 2015 mendatang.

Kota Tasikmalaya, UMK naik 17,22 persen dari Rp 1.237.000 menjadi Rp 1.450.000 sedangkan kabupaten Tasikmalaya, UMK naik 12,17 persen dari Rp 1.279.329 menjadi Rp 1.435.000.

Coba kita bandingkan dengan UMK Kabupaten Karawang, UMK nya  naik 20,84 persen dari 2.447.450 menjadi Rp 2.957.450. Hampir 3 juta. Wow jauh banget yang dengan UMK Tasikmalaya, hampir dua kali lipat ya. Pantesan ya orang Tasikmalaya setelah lulus Sekolah itu pada ngerantau cari kerja ke Karawang. Banyak juga sih temen-temen gue yang kerja di kawasan industri KIIC, Surya Cipta, dan KIM, rata-rata di pabrik otomotive perakitan mobil, motor dan membuat komponen sperpart otomotive.

Namun pertanyaan-Nya tersirat di benak gue. Apakah semua pekerja menerima UMR? nah ini nih yang menjadi PR, tidak jarang banyak para pekerja yang menerima gaji dibawah UMR yang ditetapkan bahkan bisa dikatakan jauh dari kata layak gaji yang seharusnya diterima. Bukannya begitu sodara-sodara!

Kalau gue mah alhamdulillah UMR Tasikmalaya 2015 naik. Tentunya ini kabar gembira untuk Anda semua, mengingat BBM harganya juga barusan naik beberapa waktu lalu. Dengan naik sekitar 20 persen sedikit banyak bisa mengcover pengeluaran yang membengkak akibat naiknya harga BBM. Positif tentunya untuk para pekerja yang menerima gaji sedikit mengingat kesejahteraan taun depan meningkat khususnya bagi para pekerja yang menerima gaji, kalau untuk Anda yang punya usaha sendiri sepertinnya nggak begitu berpengaruh dengan adanya kenaikan UMR Tasikmalaya 2015

Ok cukup sekian dulu info bermanfaatnya gue My Ano pamit undur diri dari hadapan Anda semua. Jangan lupa nantikan blog artikel episode selanjutnya. Cie cie UMR Tasik naik cie. Biar ga panik dan mudah dapat kerja follow twitter gue @MyAnoDotCom Dan Add Facebook gue MyAno West Java. Tonghilap  

1 comment:

  1. Yah memang gede UMR kota Tasik makanya mending kerja di Tasikmalaya aja GUY nah ini lowongannya.

    Info Lowongan Kerja Tahun 2016 di Kota Tasikmalaya

    ReplyDelete