Saturday, November 15, 2014

KIIBT (Kawasan Internasional Industri Bordir Tasikmalaya)


Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
My Tasik Eksis-Kota Tasikmalaya merupakan salah satu daerah sentra industri hiasan bordir dan merupakan produk unggulan. Kain border Tasik itu sendiri adalah merupakan serapan dari kebudayaan Cina pada zaman dahulu. Namun berkat tangan trampil dan ulet, maka terciptalah: Kerudung, kebaya, mukena, tunik, slendang, blus, rok, sprei, sarung bantal, taplak meja, baju gamis, baju koko, kopiah haji, hingga busana sehari-hari yang dihiasi dengan bordir yang menarik.

Industri Bordir Tasikmalaya berkembang cukup pesat dan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak khususnya kaum perempuan. Nah kalao di Karawang ada KIIC (Kawasan Internasional Industri City), KIM (Mitra Industri Karawang), BIIC dan Surya Cipta. Di Cikarang ada Kawasan EJIP, JABABEKA 1 dan 2, MM2100 dan INDOTAISEI. Yang jadi pertanyaanya? Terus emang nya yang ada kawasan industri itu adanya di Karawang sama Cikarang doang! Hello di Tasikmalaya juga ada Banyak kelesss. Namanya kawasannya KIIBT (Kawasan Internasional Industri Bordir Tasikmalaya). Kalo gak percaya coba deh sobat eksis main ke daerah kawasan industry Bordir yang terkenal terdapat di Kecamatan Kawalu yaitu Desa Tanjung, Karsamenak, Cibeuti, Cilamujang, Talagasari, Gunung Tandala, Karang Anyar dan Karikil. Dan di Kecamatan Sukaraja ada yang terbesar yaitu kawasan industri Bordir Cimawate dan Cimanggu.

Dengan adanya dukungan pemerintah kota Tasikmalaya, para pengusaha bordir mendapatkan lokasi pasar di pasar Tanah Abang Jakarta sebagai pusat penjualan Bordir khas Tasikmalaya. Selain itu pula pemasarannya ke pasar baru Bandung, pasar tegal gubug Cirebon, pasar turi Surabaya, pasar kelewer Solo, Yogyakarta, Bali, Lombok, Menado, Ujung Padang, Banjarmasin, Balikpapan, Medan, Riau, Pulau Batam, Makasar, Pontianak dan lain-lain.

Selain pusat Nasional, Bordir Tasikmalaya juga telah Go Internasional yakni telah menembus pasar Internasional. Diantaranya di Ekspor ke Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, Saudi Arabia. Negara-negara Timur Tengah, Mesir dan Afrika. Meluasnya pasar bordir tidak lepas dari harga bordir Tasikmalaya yang relatif murah namun kualitas Dunia dan cukup bagus tentunya dan bisa diandalkan.

Ok cukup sekian dulu Curcol nya gue My Ano pamit undur diri di hadapan Anda semua. Cie cie Bordir Tasik Eksis cie.Jangan lupa nantikan blog artikel episode selanjutnya hanya di Tasik Eksis.Com. Jangan lupa juga biar ga panik tolong follow twitter gue @MyAnoDotCom dan Add facebook gue MyAno Invite pin bb gue 538e6a6b Tonghilap

No comments:

Post a Comment