Wednesday, May 25, 2016

Wisata Ciung Wanara Karangkamulyan | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Hallo sobat dirumah bertemu lagi bersama gue My Ano, pada kesempatan ini gue mau menceritakan sebuah situs kerajaan. Nah jika Anda bepergian melalui jalur selatan Ciamis, tentu akan melewati sebuah objek wisata yang berkaitan erat dengan Kerajaan Galuh. Ya objek wisata di tepi Jalan raya Ciamis-Banjar itu adalah Objek Wisata Ciung Wanara Karangkamulyaan

Ciung Wanara adalah legenda di kalangan orang Sunda di Indonesia .
Cerita rakyat ini menceritakan legenda Kerajaan Sunda Galuh , asal muasal nama Sungai Pamali serta menggambarkan hubungan budaya antara orang Sunda dan Jawa yang tinggal di bagian barat provinsi Jawa

Situs ini memiliki kawasan hutan cagar budaya seluas 25 hektare yang terjaga kelestariannya. Pohon-pohon besar berumur ratusan tahun bisa ditemukan di tempat ini.

Begitu gue menjejakkan kaki di dalam kawasan inti Situs Karangkamulyan ini, kerimbunan rumpun bambu akan menyambut dengan kesejukannya. Juga sapaan dari kawanan sodara-sodara gue (kera) yang berjalan-jalan di sisi jalan maupun yang bergelayut di pohon.

Banyak peninggalan sejarah Kerajaan Galuh Purba (Galuh abad ke-7). Mulai petilasan batu pangcalikan (bekas singasana raja), situs Sanghiyang Bedil, lokasi penyabungan ayam, lambang peribadatan, panyandaan, Cikahuripan serta Makam Adipati Panaekan. Sisa-sisa peninggalan Kerajaan Galuh Purba yang masih bisa disaksikan sampai hari ini. Jujur aja gue ke sini tuh yang ke dua kalinya sih, yang paling pertama ke sini waktu gue masih sekolah kelas 2 SMA, ya karena ada tugas B.Indonesia, biasa lah bikin makalah. Dan Alhamdulilah akhirnya gue bisa juga main ke tempat ini juga hahay. Terutama bisa ketemu sama monyet-monyet lucu hiiii. Ok di cukupkan sekian dulu ceritanya, gue My Ano pamit undur diri! Dan jangan lupa kepiin terus blog gue ya! Wasalamualaikum

No comments:

Post a Comment