Thursday, September 22, 2016

4 Taman Kota yang Hijaukan Tasikmalaya | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
1. Taman Alun-alun kota Tasikmalaya

Taman yang paling banyak dikjunjungi oleh masayarakat Tasikmalaya ini berada di Jl. Otto Iskandardinata, Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Taman yang mempunyai luas 900 m2 ini punya konsep sport , education , dan
entertainment. Taman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti skateboard dan sepeda track, jogging track, plaza (sebuah open stage yang bisa digunakan untuk live performance berbagai jenis entertainment), akses internet nirkabel (Wi-Fi atau Hotspot), telepon umum, arena green park, dan area pujasera. Taman Alun-alun menjadi tempat kumpul-kumpul favorit warga Tasikmalaya, mulai dari anak muda sampai orang-orang tua yang telah keluarga. Setiap malamnya.

2. Taman Romantis Dadaha

Asri, hijau, teduh seperti itulah kata yang tepat untuk menggambarkan taman yang berlokasi tak jauh dari Stadion Wiradadaha ini. Taman Romantis ini memiliki luas 1 Hektar yang terletak di samping lapang upacara Dadaha.
Tak hanya rindang dan hijau, taman yang diresmikan pada bulan Mei 2016 ini memang banyak terdapat ratusan jenis pohon. Tak hanya tanaman, taman yang disebut juga dengan Tekno Park ini juga terdapat beberapa tempat duduk yg bisa di duduki berdua.

3. Taman Dadaha

Di Dadaha terdapat sebuah taman tempat duduk santai para anak muda gaul yang di namakan ''Taman Cinta'', cinta yang di maksud tentu tidak sesempit arti cinta antar anak manusia, tetapi di sinilah cinta pada Tasikmalaya, cinta pada lingkungan, cinta pada tanah air, cinta pada orang tua, dan cinta pada Alloh tentunya.
Taman Dadaha tersebut awalnya sih tidak sebagus seperti sekarang ini, awalnya tempat tersebut adalah sawah atau semak-semak rerumputan gitu dech, tapi sekarang menjadi boulevard (ruang terbuka) dengan bangku-bangku dari semen tempat duduk-duduk dengan naungan pohon-pohon yang rindang, tapi sekarang di sana keren banget dan yang bikin gue suka di sana di sediakan Bak/tong sampah. Tempatnya persis di belakang stadion lapang sepak bola Dadaha.

4. Taman Kota Tasikmalaya

Taman kota Tasikmalaya ini merupakan hasil dari program pengembangan kota Hijau (RTH) di Kota Tasikmalaya yang di resmikan oleh wali kota Tasikmalaya H. Budi Budiman pada akhir Desember 2016
(RTH) Ruang Terbuka Hijau merupakan salah satu program dari kementrian pekerjaan umum dalam konsep penataan ruang program pengembangan kota Hijau (RTH).

Ini merupakan sebuah langkah menuju kota berkelanjutan. Prakarsa RTH merupakan sebuah tahapan yang lebih maju dalam siklus dalam pelaksanaan penataan ruang.

Fungsi taman kota Tasikmalaya sebagai tempat olahraga, rekreasi warga kota, jelong - jelong, dan menghirup udara segar jauh dari polusi. Tasikmalaya bahkan telah memiliki banyak taman baru di akhir tahun ini.

Area yang dimanfaatkan sebagai taman alternatif untuk para warga itu berlokasi di Jalan Mayor Utarya percis depan mesjid Agung. Areaseluas 4470 meter persegi eks gedung DPR itu, di set up menjadi taman yang cantik sekaligus segar. Beragam tanaman dan bunga cantik menghiasi. Di sela warna-warni tanaman indah itu tersedia track yang khusus dibuat untuk kenyamanan warga. Ada pula tempat duduk untuk menemani para muda-mudi menikmati suasana kota di pagi atau sore hari. Kesejukan suasana di taman ini kian segar oleh keberadaan air mancur di tengah taman. Kesegaran itu tentu bisa memecah kepekatan polusi udara dari kendaran bermotor yang cukup padat melewati bilangan ini.

Taman di Kota HZ dinilai efekti membersihkan polusi udara perkotaan. Taman berfungsi membersihkan polusi udara. Kelebihan lainnya, taman di Tasikmalaya memusat di tengah kota.

Oke itulah ke 4 taman kota yang hijaukan Tasikmalaya. Cukup sekian dulu share info bermanfaatnya gue My Ano pamit undur diri Wasalamyalaikum Wr Wb.

No comments:

Post a Comment