Monday, September 12, 2016

5 Alasan Wajib Jelong-jelong ke Tasikmalaya | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Julukan Delhi van Java kepada Tasikmalaya memang bukan tanpa sebab. Kekayaan dan panorama alamnya yang indah memang sudah dikenal dunia sejak zaman pra kemerdekaan.

Ada setidaknya 5 alasan Anda untuk mengunjungi kota Santri yang memiliki gunung, pantai, danau, dan laut ini.

1. Keindahan gunung

Karena dikelilingi pegunungan, Tasikmalaya pun menjadi tujuan wisata para pecinta alam. Gunung yang paling terkenal adalah Gunung Galunggung

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani.

2. Pantai-pantai eksotis

Tasikmalaya bagian selatan adalah daerah yang paling banyak memiliki pantai. Pantai Sindangkerta, salah satunya, adalah yang paling terkenal akan keindahan pasir putih, air jernih, dan ombak tenangnya. Untuk mencapai pantai ini, para wisatawan harus melalui lika-liku daerah perbukitan yang sangat seru.

Selain itu, terdapat pula pantai Karang Tawulan merupakan salah satu pantai 'perawan' di Tasikmalaya. Terletak di Kecamatan Cikalong kabupaten Tasikmalaya, pantai ini sering disebut-sebut sebagai Tanah Lot versi kecil. Gugusan karang di tepi pantainya membuat pemandangan matahari terbenam makin terlihat keren di tambah lagi ada pemandangan pulau kecil Nusa Manuk.

Pantai lain yang tidak kalah menarik adalah pantai Cipatujah. Lokasi pantai ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang besar. Tak hanya itu, pantai yang penuh pasir besinya suka di datangi ikan-ikan Paus rasaksa.

3.Pemandian Cipanas

Selain kawah dengan sumber air panas dari Gunung Galunggung, pemandian air panas yang tak kalah terkenal adalah Kolam renang Cipanas Terletak di kaki gunung Galunggung, suasana pemandian yang Asri nan sejuk. Bisa Anda bayangkan berendam air panas di puncak bukit dengan pemandangan hijau yang sesekali dihampiri kabut? Tak jauh dari Cipanas Anda pun bisa mendatangi tempat-tempat wisata lainnya seperti Situ Gede dan Situ Sanghiyang.

4. Surga produk Koko dan Mukena dengan harga murah

Beragam koko, kerudung, gamis, mukena, serta busana muslim lainya ada di sini. Mukena asli yang biasa kita jumpai seharga Rp 100-250 ribu di ibu kota, di tempat ini bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp 80 ribu di sini (dengan proses tawar-menawar tentunya).
Tak hanya itu, Anda pun dapat memesan produk-produk busana muslim tersebut sesuai desain yang Anda inginkan. Tak sedikit label-label asal Berunei dan Arab saudi memproduksi barang-barangnya di tempat ini.

5. Kuliner
Tasikmalaya juga terkenal dengan beragam kulinernya seperti Nasi T.O, tahu bulat, seblak, cilok goang dan kuliner lainya. By My Ano

2 comments: