Monday, December 18, 2017

Cihu Papayan, Camilan Nikmat yang Lagi Hits di Sukaraja | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Cihu (Aci sareng Tahu) makanan yang hits banget di Sukaraja ini tentunya cuma hanya dapat sobat kepo temukan di Tasikmalaya. Selain memiliki banyak tempat wisata alam yang indah Tasikmalaya juga terkenal karena makanannya yang enak-enak, jadi nggak heran kalau makanan yang lagi booming banget di Tasikmalaya pasti nantinya akan muncul di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Dan sekarang ini makanan yang lagi paling dicari oleh masyarakat Tasikmalaya adalah Cihu Papayan.

Apa sih Cihu? Cihu merupakan camilan berbahan dasar aci dan tahu yang diolah dengan resep kekinian. Bisa dibilang bukan makanan baru, karena mungkin sejak kecil kamu yang tinggal di Tasikmalaya sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Berwarna kuning kecoklatan, makanan gorengan berbentuk pipih lonjong ini.

Konsep makanannya cukup sederhana, tahu jadi bahan dasar yang dibalut dengan tepung kanji atau dikenal aci dalam bahasa Sunda yang diberi bumbu rempah-rempah. Seperti layaknya cireng, bentuknya pipih dengan tambahan bumbu cocolan. Jika biasanya cireng diberi bumbu kacang dan Caos, maka cihu dapat dinikmati dengan bumbu Atom dan cabe bubuk Aida dengan rasanya yang superpedas yang khas Papayan Sukaraja.

Jadilah namanya Cihu Papayan, karena rasa pedasnya 'berbahaya' bagi yang ingin mencoba. Saat ini, Cihu memang mulai terlupakan. Penjualnya pun nyaris tidak ada lagi. Hal itu disesalkan sebab makanan tradisional mestinya dipertahankan dan dipelihara agar generasi mendatang tidak hanya mengenal namanya saja. Kuliner termasuk warisan budaya bernilai kearifan lokal yang harus dipertahankan.

Makanya, penganan ini Anoy coba exolore ke Blog Tasik Eksis untuk di Eksis kembali dan bisa memenuhi hasrat penggemar masa lalu dan meraih penggemar baru yang notabene generasi muda agar kenal dengan makanan tradisional.

Jujur aja Anoy sangat senang karena bisa menemukan makanan tradisional yang sudah lama hilang di pasaran. Tak terbantahkan, panganan ini membuat lidah ketagihan untuk melahapnya sampai habis. Makanan ini mengingatkan pada zaman masa kecil dulu. Sudah lama susah dapatnya, ternyata ada lagi yang menjual dan dikreasikan dengan rasa modern. Tidak mengurangi kelezatannya seingat saya, masih seperti rasa yang Anoy ingat, oh iya untuk harganya murmer loh cuma Rp 5.000 aja

Buat sobat kepo yang penasaran dengan Cihu Papayan, maka bisa datang ke Warung Cihu Papayan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya (Depan SMA N 1 Jatiwaras)

No comments:

Post a Comment