Tuesday, December 16, 2014

Tradisi Malam Rebo Wekasan di Tasikmalaya




Oleh My Ano
 
 
TASIKEKSIS.COM
Rebo terakhir di bulan safar di yakini sebagian orang penuh dengan marabahaya. Tidak sedikit dari masyarakat Tasikmalaya yang meyakininya beramai-ramai menjalankan tradisi Rebo Wekasan dengan membaca amalan di malam Rebo Wekasan di rumah. Biasanya di kampung gue setelah salat Subuh melakukan berbagai do'a, salawat dan salat sunah hajat meminta dijauhkan dari bencana yang akan menimpanya.

Bagi sebagian umat Islam di Tasikmalaya meyakini kalau saat Rebo Wekasan yang merupakan Rebo terakhir pada bulan safar akan terjadi ribuan bencana yang diturunkan sekitar 320.00 bencana ke dunia ini. Rebo Wekasan erat kaitannya dengan beberapa peristiwa atau sejarah umat saat ini. Boleh dikatakan Rebo Wekasan merupakan hari sial atau naas yang merupakan penamaan yang salah satunya merujuk kepada Q.S. fushilat : 15,16 dan Q.S. Alqomar 19. Hal itu merupakan hari yang paling sulit dibandingkan hari-hari lain di tahun itu sehingga kita dianjurkan melaksanakan amalan terutama sedekah untuk menolak bencana, biasanya sedekahnya berbentuk makanan keu apem.

Amalan-amalan yang dilakukan saat Rebo Wekasan diantaranya memperbanyak do'a, salawat dan solat sumah. Dan kita juga dianjurkan membaca Al Qur'an khususnya Q.S. Yasin atau surat-surat lainnya agar terhindar dari bencana. By My Ano

No comments:

Post a Comment