Thursday, November 6, 2014

Warga Tasikmalaya Demam Fenomena Batu Akik



Oleh Admin My Ano Karno

Lihat aja kerumunan orang di tukang batu akik di pinggir jalan, selalu saja ada orang yang berkerumun memilih akik spesial untuk digunakan di jarinya, para tukang batu tampaknya sedang kebanjiran orderan memoles bahan batu alam mentah menjadi indah. Fenomena itu kini sering gue lihat di penjuru Kota Tasikmalaya. Akhir-akhir ini masyarakat tasik tengah gandrung dan gemar dengan yang namanya batu akik.

Mulai dari remaja yang baru SMP hingga orang tuanya ramai mengoleksi batu alam yang dipoles jadi indah itu. Entah apa yang membuat demam batu akik melanda, tapi konon katanya bermula dari adanya pejabat negara yang memakai batu jenis bacan.

Gue gak ngerti batu akik itu untuk apa ya? rupa-rupanya alasan mereka mencari batu akik. Mulai dari hanya sebagai hiasan atau juga percaya hal-hal yang di luar nalar. Ada saja yang percaya batu anu bisa buat anu atau anu bisa buat apa? Katanya menurut sumber kesistimewaan batu akik ini yakni dinilai dari kebeningan dan tingkat kekerasannya hampir mendekati batu mulia seperti intan berlian, dan ruby juga corak warnanya sangat menarik.

Aneka rupa batu akik juga bermacam-macam jenisnya, mulai dari harga puluhan ribu bahkan puluhan dan ratusan juta rupiah. Tapi biasanya masyarakat awam banyak yang main di kelas batu biasa, bukan yang kelas jutaan rupiah. Mulai batu dalam bentuk kepingan bahan mentah, setengah jadi, hingga sudah jadi untuk hiasan cincin, kalung gesper, maupun hiasan lainnya dalam berbagai ukurang. Mengoleksi batu akik ini kini seolah jadi hiburan untuk masyarakat. Rupa-rupa niatan dan tujuan tentunya. Gimana Anda tertarik koleksi?

Ok cukup sekian dulu info-info menariknya gue My Ano pamit undur diri di hadapan Anda semua. Tapi jangan lupa nantikan artikel selanjutnya. Cie batu akik Tasik eksis cie. Eh tidak lupa biar gak pada panik tolong follow twitter gue @MyAnoDotCom Dan Add Facebook gue MyAno Westa Java

No comments:

Post a Comment