Sunday, October 18, 2015

Tahu Bulat Ternyata Kuliner Asli Tasikmalaya

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Selamat pagi sobat Tasik Eksis, apa kabarnya? Baikkan! Ok ketemu lagi bersama gue My Ano, bisa di bilang gue itu sì Blog Pemburu Makanan dari Tasikmalaya, gue kali ini mau merekomendasikan kuliner asli Tasikmalaya! Apa itu My Ano? Loe penasaran,  tenang-tenang gue kasih tau? kali ini gue bakalan ngebahas makanan yang bernama ''Tahu Bulat'' pada mau tau! Tahu bulat itu apaan? Jangan kemana-mana tetap di sini ajah, yaeelah lama-lama gue kaya Sule aja. Ok langsung aja baca artikel di bawah ini sampai tamat ok gaesss

''Tahu bulat, di goreng dadakan dina mobil, haraneut keneh, hargana murah 500 rupia, rasana gurih-gurih nyoyy'' 100 X

Yo ayo pasti sobat Tasik pasti sudah tak asing lagi dengan kata-kata di atas bukan! itu loh sobat yang dagangnya di atas mobil kolbak itu, yang rajin setiap pagi berkowar-kowar promosi dagangannya, yah sekitar jam 6:30 WIB ada lah. Berkat tukang dagang tahu bulat ini! Gue bisa bangun pagi-pagi loh, Kenapa! Karena suara spikernya keras banget yang dampaknya bikin orang tertidur puas langsung bangun. Di pikir-pikir gaya bener ya tukang tahu bulat ini, gak kren gimana coba! Cuma dagang tahu goreng aja di atas mobil! wis mewah bener. Tapi coba sobat liat tukang dagang gorengan lain, itu pake gerobak, sebut saja tukang tahu sumedang aja bawa dagangannya jalan kaki di panggul, nah ini cuma satu menu yaitu tahu goreng dagangnya pake di atas mobil!

Tahu bulat siapa tak kenal kuliner yang berasal dari Tasikmalaya yang murah meriah dan enak ini sekarang menjadi makanan yang di sukai, memiliki cita rasa yang enak dan bentuk yang unik, ini adalah varian lain dari tahu goreng. Tahu bulat tidak jauh beda dengan goreng tahu biasa sebetulnya, hanya saja bentuknya yang berbeda dan rasanya yang lebih enak dan lebih crispy.

Bentuknya bulat seperti bola pingpong hanya tahu ini telah di campur dengan bumbu-bumbu dan bahan lainnya. Sehingga tahu ini memiliki rasa yang gurih-gurih nyoyy, rata-rata tahu bulat Tasikmalaya ini memiliki rasa yang khas sehingga bikin orang pada ketagihan.

Tahu bulat memang harganya murah, bukan berarti murahan, tetapi dengan kualitas yang tinggi tentu jenis itulah yang sangat di dambakan oleh semua pembeli, karena sudah menjadi barang tentu high klas dan profit yang di dapatkan nya juga akan lebih mahal.
Menurut sumber yang gue dapat, jadi ceritanya begini sobat Tasik Eksis!

Berawal dari sekitar tahun 2000-an tahu bulat ini berawal dari buah tangan salah satu industri rumahan yang kemudian di pasarkan hanya di lingkungan sekitar. Kemudian orang-orang mulai mengenal keberadaan makanan unik ini, yang akhirnya dari mulut ke mulut orang berbondong-bondong ingin mencicipinya. Maka hebohlah sudah tahu bulat ini di kota Tasikmalaya, bahkan akhirnya merambah ke kota-kota lainnya.

Setelah berjalan beberapa tahun bisnis tahu bulat ini menjadi sorotan warga kota Tasikmalaya lainnya, yang akibatnya banyak bermunculan industri-industri rumahan baru sejalan dengan banyaknya permintaan yang terus melonjak dari luar kota.

Maka terbukalah peluang usaha yang cukup menjanjikan, hanya dengan modal kecil saja setiap orang dapat menjalankan bisnis ini, karena tahu bulat ini pun bukan hanya di dapat di jual matang di gerobak saja, tetapi bisa di pasarkan dalam keadaan mentah ke pasar-pasar dan dapat pula di modifikasi ke jenis makanan lain seperti di jadikan cemilan lezat yakni kripik tahu bulat.

Ok sekian dulu gue My Ano pamit undur diri, mudah-mudahan yang sudah membaca artikel My Tasik Eksis gue ini bisa menambah wawasan dan informasi. Sekali lagi gue ucapkan terima kasih buat sobat yang sempet-sempetnya mengelik di status fb gue ini. Dan tidak lupa biar gak pada panik tolong add Facebook gue MyAno dan invite pin BB gue yah

No comments:

Post a Comment