Thursday, December 1, 2016

Ulen Makanan Legendaris Khas Sukaraja | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Buat Anda warga Sukaraja pasti gak asing sama Ulen. Ulen adalah salah satu makanan tradisional Urang Sunda khususnya Urang Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Ulen ini terbuat dari campuran beras ketan putih, kelapa parud, dan garam, cara membuatnya di tanak seperti membuat nasi, setelah matang baru di campur dengan parutan kelapa dan garam, kemudian di tumpuk dan dimasukan ke dalam cetakan agar berbentuk rapih persegi panjang. Setelah dingin baru kemudian di potong-potong, dan siap di santap. Kebanyakan sih di goreng lagi atau di di beleum di panggang oleh bara api. Di temani teh panas atau secangkir kopi, ulen merupakan padanan yang pas di santap oleh keluarga masa kini.

Meski banyak kuliner legendaris yang terancam punah atau bahkan sudah punah, kenyataannya masih banyak legenda kuliner Indonesia yang terus bertahan. Contohnya Ulen di Sukaraja yang sampe sekarang masih eksis dan Legendaris tentunya.

Karena kuliner adalah salah satu kebudayaan bangsa kita yang harus dilestarikan. Jangan sampai kuliner legendaris ini hanya dinikmati oleh orang tua kita, betul apa betul sobat Tasik Eksis!

Jujur gue bangga sebagai orang asli Sukaraja. Karena apa? Karena ternyata di tempat kelahiran gue masih ada pelestari makanan tradisional yang masih di pertahankan di Indonesia ini. Coba lihat di tempat lain ada gak? aga gak? Gak adalah! yang ada hanyalah di Sukaraja. Hiho!
Penganan ini bisa di temui di sekitaran Sukaraja. Para pedagang Ulen ini, mangkal dari pagi hingga sore hari yang setia menjajakan dagangannya di sekitaran per 3an jalan cibalanarik tepatnya di depan Mesjid Agung Sukaraja atau pada waktu hari poe pasar selasa dan jumat. Beruntunglah bagi orang Sukaraja masih ada yang berusaha melestarikan penganan warisan asli Sukaraja ini.

Ok sekian dulu gue My Ano pamit undur diri, mudah-mudahan yang sudah membaca artikel gue ini bisa menambah wawasan, bahwa Ulen itu makanan tradisional khas Sukaraja. By My Ano

No comments:

Post a Comment