Tuesday, December 27, 2016

Wonder Hill Taman Farikota Jojogan Pangandaran | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Kalau bicara tentang Pangandaran, mungkin semua orang akan membayangkan waktu liburan yang menyenangkan di tempat yang indah. Ya, Pangandaran merupakan icon pariwisata Jawa barat yang sangat terkenal di Indoonesia . Banyak orang sangat ingin liburan ke Pangandaran. Tapi bagi gue pribadi, yang suka bepergian wisata ke pantai termasuk daftar tempat yang terfavorit yang sering gue kunjungi. Pokoknya menurut gue liburan ke Pangandaran adalah sesuatu yang mainstream. Semua orang ingin ke Pangandaran, semua orang bercerita tentang Pangandaran, so what ? Gue lebih suka mendatangi tempat yang tidak banyak orang tahu, jadi gue akan lebih bangga untuk bercerita bahwa Indonesia punya lebih banyak tempat indah. Jika kita berbicara tentang Pangandaran pasti yang kita ketahui adalah keindahan lautnya, keindahan pantai-pantai di Pangandaran. Namun dalam beberapa bulan terakhir gue mendengar kabar dari temen BBM gue yang asli Parigi sama Gunungtiga tentang objek wisata alam baru yang berada di Dusun Gunungtiga, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi. Kabupaten Pangandaran, objek wisata tersebut bernama Jojogan, salah satunya tempat wisata yang lahi hitz di Pangandaran

Objek Wisata Jojogan adalah objek wisata alam yang berada di Gunungtiga, Selasari - Parigi, Pangandaran. Pemekaran nya dari Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Pangandaran resmi dimekarkan pada 25 Oktober 2012. Kabupaten Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat. Kabupaten yang terkenal potensi daerah dengan destinasi pariwisatanya ini semakin menjadi permata dengan tempat-tempat yang menyajikan panorama alam yang tak pernah bosan untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pada mulanya jojogan hanya tertuju kepada dua lokasi yaitu KEDUNG BUNDER dan CURUG JOJOGAN. Wisatawan yang datangpun yaitu untuk berenang, setelah dikembangkan sekarang ini jojogan ternyata memiliki potensi wisata lain, diantaranya : GOA LAWANG, KALI NUMPANG, KEDUNG CILIK , BODY RAFTING , KAMPING ,
KEBUN ANGGREK, BEBENTANG JOJOGAN dan JEEP OFFROAD ADVENTURE . Semua potensi wisata tersebut di kembangkan sehingga dari hari ke hari jumlah kunjungan wisata ke Jojogan terus meningkat yang akhirnya agar lebih familiar nama jojogan berubah menjadi WONDER HILL JOJOGAN.

Lokasi wisata alam Wonder hill

Jojogan memiliki jarak kurang lebih 24 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit lumayan jauh untuk perjalanan dari
Pangandaran tetapi rasa lelah akan terbayarkan ketika pertama kali sampai disana anda akan disuguhkan pemandangan indah. Adapun ada beberapa alternatif untuk dapat mencapai tempat wisata Jojogan.

1. Menggunakan kendaraan umum .

Bagi anda dari arah Jabodetabek, Bandung anda dapat menggunakan bis langsung menuju Pangandaran baik turun di terminal atau di agen bis anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bis medium/angkot jurusan Cijulang/Cigugur turun di Cibenda tepatnya di pertigaan Panyingkiran dilanjutkan dengan ojeg. Selain menggunakan bis bisa juga menggunakan kereta api dari Jakarta tujuan Jogja turun di stasion Banjar dilanjutkan dengan bis medium ke arah Cijulang turun di Cibenda tepatnya di pertigaan Panyingkiran dilanjutkan dengan ojeg.

2. Menggunakan kendaraan pribadi

Dari arah Pangandaran anda berkendara ke arah barat (Batu hiu, Green Canyon, Batukaras, Citumang) sampai ke desa Cibenda belok kanan di pertigaan Panyingkiran di sebelah Indomart lurus sampai menemukan pertigaan yang ke kanan ke Citumang ke Kiri ke Santirah, Goa lanang, Jojogan. Setelah belok kiri lurus sampai ke dusun Sukamanah. Anda akan melihat sebuah plang Jojogan ikuti plang tersebut yang akan mengantarkan anda sampai ke Jojogan.