Sunday, November 27, 2016

Pemandian Air Panas CITIIS Galunggung, Hangat dan Menyembuhkan | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Tangkal Awi (Bambu) tegak menjulang mengiringi perjalanan menuju tempat pemandian air panas CITIIS Galunggung, Tasikmalaya. Suara tonggeret nyaring bersahutan. Menapaki jalan berbatu kasar yang licin dan menurun, terlihat saung bilik-bilik dipinggir kolam pemandian. Ah, rileksnya berendam di sana.

Di dalam kolam berbaring dengan kedua tangan ditarik sejajar kepala di dalam kolam air panas CITIIS Galunggung. Sesekali, gue berenang dan menyelam ke dalam kolam sedalam sekitar 50 sentimeter itu. Setelah merasa kepanasan, gue bangkit dan merebahkan tubuh di pinggir kolam. Oke Sobat kalau tidak terbiasa, kelamaan berendam di air panas ini bikin pusing. Tapi enggak apa-apa, tahan dulu saja sebentar, lama-lama enak di badan! Ciusan.

Pagi itu, gue mengajak teman gue. Teman gue kerap mengeluh asam urat, varises, dan tubuh pegal-pegal karena usianya uzur. Gue yang bekerja di mall Asia Plaza pun mengajak rekan itu mencicipi sensasi mandi air panas alami.
Bagi gue, mandi di mata air panas alami bermanfaat mengembalikan kesegaran tubuh, meregangkan otot yang tegang, dan membuat tubuh lebih rileks. Dulu, sepekan dua kali, ia rutin mandi air panas. Kini, sesekali saja gue pergi ke tempat ini

Gue kerap ajak teman yang punya keluhan kesehatan, untuk relaksasi di sini. Banyak manfaat nya Sobat Tasik Eksis. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kita cukup merogoh biaya masuk Rp 5.000. Kondisi tempat pemandian air panas CITIIS Galunggung ini memang cukup sederhana karena masih dikelola swadaya oleh warga. Warga lokal dilibatkan sebagai karyawan, dan tenaga kebersihan.

Ada satu kolam umum berukuran sekitar 15 x 10 meter. Dengan kedalaman kolam 1,5 meter. Kolam ini dialiri air panas alami Gunung Galunggung melalui pipa-pipa. Lantai kolam dilapisi semen yang dibersihkan secara berkala. Saat akhir pekan, pengunjung meluber di kolam tersebut.

No comments:

Post a Comment