Tuesday, August 8, 2017

Sungai Cireong Sekaligus Taman Alam Cantik, Ada di Ciamis | My Ano

Oleh My Ano (Anoy)

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Taman Sungai Cireong berlokasi di daerah di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kec, Sindangkasih, Ciamis. Aliran sungai dari Gunung Syawal mengalir ke Sungai Cireong.

Salah satu pengelola Taman Sungai Cireong mengatakan bahwa tempat wisata tersebut tercipta karena ada gerakan rutin dari masyarakat desa untuk membersihkan sungai sekitar.

Sungai dan mata air di sekitar tampak indah dan bersih tanpa sampah. Lalu muncullah ide dari tokoh masyarakat untuk membuat lokasi tersebut menjadi destinasi wisata berupa taman sungai. Tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar sungai.

Ya, keindahan Taman Sungai Cireong memang tak diragukan lagi. Dengan kolam alami nan jernih, udara yang sejuk, dan lansekap hijau sangat memanjakan mata.

Memasuki kawasan wisata Taman Sungai Ciroeng, Anda akan disuguhkan panorama alam perbukitan yang bertingkat-tingkat. Bentuk aliran airnya pun bermacam-macam. Lumut pun tumbuh lebat di sekitar batuan.
Kalau musim kemarau lumut-lumut yang hijau itu akan tumbuh lebat di batuan sekitar aliran air sungai, karena lumut hanya membutuhkan sedikit air dan tempat yang lembab untuk hidup.

Di sekitar tempat tersebut banyak terdapat air terjun kecil yang juga terdapat kolam alami di sekitarnya. Untuk bisa mencapai taman dan melihat sumber mata air Sungai Cireong, Sobat kepo perlu mengeluarkan uang cuma 5 rb aja (2rb pakir 3rb tiket masuknya) murah meriah kan!

No comments:

Post a Comment