Sunday, October 15, 2017

14 Daftar Artis Asli dari Tasikmalaya | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Selain terkenal sebagai kota penghasil kerajinan anyaman terbaik di Indonesia, Tasikmalaya juga terkenal sebagai penghasil artis. Ya, banyak yang beranggapan bahwa kota ini adalah gudangnya artis. Tidak salah. Karena kenyataannya memang begitu. Bukan satu atau dua artis yang lahir di Tasikmalaya, tapi puluhan. Berikut ke 14 daftar artis asli Tasikmalaya.

1. Selvy Kitty
Dara cantik bernama lengkap Selvi Isti Apriani yang lahir di Tasikmalaya, 20 April 1993 ini, merupakan salah satu jebolan MamaMia Show di Indosiar di tahun 2010, akan tetapi karirnya di MamaMia Show terhenti di 7 besar saja. Ketika masih SMP, Selvy sempat tergabung dalam salah satu grup band lokal di Tasikmalaya, akan tetapi ketertarikannya pada musik dangdut membuatnya mantap pindah haluar aliran musik. Selvy pun hijrah ke Jakarta di tahun 2012 dan bergabung dengan Duo Walang Sangit, akan tetapi pada akhirnya Selvy lebih memilih bersolo karir. Salah satu single yang melejitkan namanya adalah "Punya Abang", "selfie" dan "Cilukba". Ingin tahu lebih jauh tentang dara cantik asal Tasikmalaya ini.

2. Rhoma Irama
Orang Indonesia kalau ga kenal dia "Terlalu", Rhoma Irama yang lahir di Tasikmalaya pada 11 Desember 1946 ini merupakan musisi dangdut Indonesia yang bergelar "Raja Dangdut".

3. Indra Lesmana Brugman
Kemunculanya di dunia hiburan diawali dengan perannya sebagai Bagas dalam serial TV berjudul Jinny Oh Jinny. Indra yang lahir di Tasikmalaya pada 8 Mei 1981 ini kemudian membintangi berbagai macam sinetron yang turut melejitkan namanya. Bakat Indra dimulai sejak masih duduk dibangku SMP, saat ini dia menjadi salah satu finalis Cover Boy Aneka. Selain mahir beradu Akting, Indra juga sangat mahir dalam dunia bernyanyi loh khususnya musik dangdut, hal ini terbukti dengan ikut sertanya Indra dalam ajang kontes Mama Mia Show. Setelah lama acara tersebut usai, indra pun beberapa kali melakukan rekamana dengan jenis lagi melayu dangdut.

4. Evie Tamala
Bernama asli Cucu Suryaningsih, Evie Tamala yang lahir di Tasikmalaya pada 23 Juni 1969 ini sukses menjadi artis dangdut terkenal di negeri ini. Lebih dari 20 Album ditelurkan oleh suara emas Evie Tamala dan menjadikanya sangat terkenal ditahun 90an dan awal tahun 2000. Evie Tamala dikenal sebagai penyanyi dangdut yang santun dan bersahaja.

5. Nabila Aurela Kinanti
Memang benar mungkin yah, Tasikmalaya itu gudangnya penyanyi dangdut. Boleh dihitung banyak banget artis senior yang merupakan penyanyi dangdut termashur tanah air. Tidak heran jika Nabila Aurela Kinanti atau yang lebih terkenal dengan nama Novi La Academia Junior, juga mengikuti karuhun artis Tasikmalaya dengan menjadi penyanyi dangdut. Di usianya yang masih kecil Novi sangat mahir melanjutkan lagu dangdut dengan suara sangat merdu. Novi sendiri lahir di
Tasikmalaya, Jawa Barat. Namanya mulai menjadi bahan perbincangan ketika mengkuti La Academia Junior di SCTV. Meskipun kariernya terhenti pada 26 Oktober 2014, namun Novi tetap eksis mengisi undangan menyanyi dangdut. Lagu-lagu dangdut yang pernah dibawakan oleh Novi ketika mengikuti final La Academia Junior seperti: Aku Masih Sayang - ST 12, Keraat - Rhoma Irama, Memandangmu - Ikke Nurjanah, Alamat Palsu - Ayu Ting Ting dll.

6. Cucu Cahyati
Cucu Cahyati adalah seorang penyanyi dangdut tersohor tanah air yang namanya mulai populer di awal tahun 90-an dnegan album yang berjudul "Mabuk dan Judi". Memiliki nama kecil Imas Cucu Cahyati yang lahir di Tasikmalaya, 17 Agustus 1970 dimasanya merupakan salah satu penyanyi dangdut yang memiliki suara khas dan goyangan dangdut yang sensasional.

7. Caca Handika
Salah satu penyanyi dangdut fenomenal di jamannya ini bernama asli Caca Hermanto yang kemudan lebih dikenal sebagai Caca Handika untuk nama panggungnya. Caca lahir di
Tasikmalaya, Jawa Barat. Lagu dangdut yang mengantarkan namanya di belantika musik dangdut Indonesia dan menjadi hits sampai dengan saat ini seperti Unangan Palsu, Mandi Kembang, Bakar Kemenyan dan masih banyak lagi. Tidak hanya di dunia tarik suara, Caca Handika pun sempat membintangi beberapa sinetron dimasanya seperti Kampung Dangdut bersama si Raja Dangdut, Rhoma Irama dan para artis dangdut PAMMI.

8. Itje Trisnawati
Itje Trisnawati aktif di dunia hiburan Indonesia sebagai artis dangdut di awali pada tahun 1979. Itje, yang lahir di Tasikmalaya, 27 Maret 1963. Popularitas Itje mula meningkat semenjak dia bertemu dengan Eddy Sud, seorang koordinator Artis Safari yang dikenal dengan tangtan dinginnya mencetak artis-artis sukses yang kemudian menjadi suaminya. Peraih lebih dari 5 kali penghargaan HDX award ini kemudian terus menelurkan album-albu yang laris manis di pasar Indonesia.

9. Diky Chandra
Bernama lengkap Raden Diky Chandranegara lahir di Tasikmalaya, 12 Mei 1974 berprofesi sebagai pelawak, MC, sutradara, penulis naskah dan aktor dalam dunia hiburan tanah air. Di tahun 2009 dia mengakhiri masa keartisannya dan mecalonkan diri di pemerintahan dengan menjadi wakil bupati dari Kabupaten Garut, Jawa Barat.

10. Alam
Siapa tidak kenal dengan Alam, si penyanyi dangdut aliran metal, yang namanya semakin melejit dengan judul lagi "Mbah Dukun"? pria kelahiran Tasikmalaya, 11 Mei 1981 yang akrab di sapa alam aktif di dunia hiburan tanah air diawal tahun 2000-an. Darah seninya mengalir tidak jauh dari sang kakak yang juga seorang penyanyi dangdut yang tidak asing namanya yaitu Vetty Vera. Selama kariernya Alam juga menyabet beberapa penghargaan seperti penyanyi dangdut terbaik dan penyanyi dangdut pendatang terbaik

11. Vety Vera
Artis dangdut peraih HDX Award ini yang mengantarkanya untuk melakukan pertunjukan keliling ke 5 negara di tahun 1995 seperti Amerika Serikat, Belanda, Perancis, Inggris dan Hungaria adalah kelahiran Tasikmalaya, 23 November 1973. Namanya mulai menjadi bahan perbincangan di negeri ini saat Vety Vera membawakan lagu yang sedang-sedang saja.

11. Dinda Kirana
Dinda yang lahir d Tasikmalaya, 30 April 1995 ini adalah seorang artis muda yang sedang naik daun didunia selebritas Indonesia. Wajahnya yang cantik, imut dan lucu membuatnya banyak digemarin oleh masyarakat. Awal kariernya dimulai ketika dara cantik ini membangi sinetron Inikah Rasanya di tahun 2001. Sejak sinetron pertama itulah, nama Dinda Kirana melejit dan akhirnya banyak dilirik oleh produser untuk membintangi Sinetron dan serial FTV.

12. Susi Susanti
Atlet bulu tangkis andalan Indonesia pada jamannya ini lahir di Tasikmalaya, 11 Februari 1971. Prestasi di dunia bulu tangkis tidak perlu diragukan lagi, lebih dari 20 juara tunggal putri dia peroleh, selain itu juara beregu pun sempat Susi jajaki dengan menjuara beberapa turnament. Puncaknya susi susanti berhasil membawa medali emas pada olimpiade di Barcelona tahun 1992. Untuk menghargai jasa Susi Susanti yang berhasil mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Salah satu gelanggang olahraga di Tasikmalaya akhirnya diberi nama Gelanggang Olahraga Susi Susanti.

13. Dara Rizki Ruhiana
Lebih dikenal sebagai Dara The Virgin, gadis kelahiran Tasikmalaya , 9 Agustus 1991 mulai memasuki dunia hiburan tanah air semenjak keikutsertaannya pada ajang MamaMia Show di Indosiar pada 2008 lalu yang turut mengantarkanya menjadi bagian dari management artis yang dipimpin oleh Ahmad Dhani. Bersama Mita, Dara tergabung dalam Duo The Virgin besutan Ahmad Dhani.
Selain dunia tarik suara, Dara pun mencoba terjun di dunia akting, terbukti dengan beberapa kali membintangi film televisi dan juga perfileman Indonesia.

14. Mang Koko
Bernama lengkap Koko Koswara yang lahir di Tasikmalaya pada 10 April 1917 adalah seorang seniman Sunda yang namanya sudah termashur di Jawa Barat dan Banten. Bahkan karena kontibusinya kepada seni karawaitan. Mang Koko mendapatkan piagam Wjayakusumah pada tahun 1971, sebuah piagam penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam ketgori pembaharu dalam bidang seni.
Karya-karya yang ditelurkan oleh Mang Koko tidak hanya dalam bidang kawih akan tetapi juga dalam bidang seni drama dan gending karesemen. Saat ini, karya-karya beliau masih sering terdengar di beberapa wilayah di Jawa Barat dan Banten dan terkadang di TV Nasional

No comments:

Post a Comment