Sunday, October 15, 2017

27 Daftar Oleh-oleh Khas Tasikmalaya | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
1. Nasi Cikur
Makanan khas Tasikmalaya Jawa Bara yang pertama adalah nasi cikur yan dijual di salah satu warung yang berada di pertigaan antara Jalan Panyerutan da Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya, Jaw Barat. Mungkin saja warung ini adala satu satunya warung yang menjua makanan berupa nasi cikur. Warung yan terlihat sederhana ini memang hany berada di pertigaan antara Jala Panyerutan dan Jalan Tentara Pelajar namun jangan salah karena olahan nas cikur disini rasanya benar benar enak Kata orang Tasik “ngeunah pokona mah euy”! rasanya sangat pantas diacung jempol dan juga harganya sanga terjangkau. Makanan berupa nasi cikur in porsinya pas untuk mengobati rasa lapa yang menyerang.

2. Kolontong
Cemilan khas Tasikmalaya ini terbuat dar beras ketan yang diolah sedemikian rupa dicampur dengan bumbu khusu sehingga menghasilkan sajian makana ringan yang bercita rasa gurih.

3. Rengginang Oyek
Cemilan yang selalu hadir saat lebara tiba ini merupakan makanan yang berasa dari salah satu daerah di Tasikmalaya tepatnya Tenjowaringin. Terbuat dar beras ketan yang diolah dalam wakt yang cukup lama dan melalui beberap tahapan panjang. Meskipun mengolahny lama, namun rasanya sangat ena sehingga menjadi primadona sebagia besar masyarakat Tasikmalaya.

4. Bubur Ayam Haji Zaena
Tempat makan khas Tasikmalaya yan cukup terkenal adalah Bubur Ayam Haj Zainal yang terletak di Jalan Kalektoran Tasikmalaya. Bubur ayam Haji Zainal sudah sangat terkenal bahkan sampai k luar kota Tasikmalaya. Setiap hariny rumah makan ini selalu kebanjiran pengunjung baik dari dalam kota Tasikmalaya maupun luar kota Tasikmalaya. Harga bubur ayam di warung makan Haji Zainal juga terjangka berbanding lurus dengan rasanya yan enak, pantas saja jika banyak yan menjadikan bubur ayam Haji Zainal sebagai makanan favorit. Cita rasa bubu ayamnya yang gurih pasti akan selal terkenang oleh siapapun yan mencobanya, sehingga ketika berkunjun ke Tasikmalaya lagi pasti akan ketagiha untuk mencoba bubur ayam Haji Zainal ini lagi.
5. Sale Pisang
Seperti kebanyakan jenis sale yang sering kita jumpai di daerah lainnya, sale pisan Tasikmalaya merupakan sajian makana ringan atau cemilan yang wajib kam jadikan teman dalam melakuka perjalanan keliling kota Tasikmalay maupun kamu jadikan oleh oleh untu sanak saudara di rumah. Sale pisan Tasikmalaya ini terbuat dari pisang yan diolah dengan cara khusus yaitu denga cara di sisir tidak terlalu tebal kemudia dijemur dibawah matahari secar langsung. Setelah itu, bahan sale pisan bisa langsung dikonsumsi maupu digoreng terlebih dulu menggunaka tepung.

6. Soto Ayam Pataruman
Maknaan khas Tasikmalaya Jabar yan satu ini merupakan sajian makana berkuah yang menjadi favorit hampir sebagian besar masyarakat Tasikmalay dan pengunjung yang datang k Tasikmalaya. Salah satu penjual sot ayam pataruman yang legendaris adala Ibu Rina yang telah berjualan sejak tahu 1960-an. Menurut si pembuat soto ini, tidak ada sesuatu yang khusus dala pembuatan dan penyajiannya, hanya saj konsistensi cita rasa yang khas dari sot ayam pataruman sejak jaman dulu hingg sekaranglah yang menjadi faktor penent makanan ini menjadi favorit banya orang. Telah ada sejak tahun 1960-a dan cita rasanya tidak berubah, membua soto ayam pataruman ini mempunya banyak penggemar. Jika kamu ingi mencoba soto ayam pataruman ini datanglah ke Jalan Pataruman Nomor 23 Tasikmalaya.

7. Mie Bakso Laksana
Bakso merupakan makanan favori sebagian orang. Selain itu, sajian kuline bakso juga gampang ditemukan di hampir semua daerah di Indonesia. Bahkan tida jarang warung bakso antara satu denga yang lainnya sangat berdekatan da kesemuanya selalu ramai pengunjung Demikian pula di Tasikmalaya, ada sat warung bakso yang cukup terkenal aka rasa baksonya yang lezat. Nama warun bakso tersebut dikenal dengan Baks Laksana yang terletak di Jalan Pemud Nomor 5, Tasikmalaya. Rasanya sanga khas sedikit berbeda dengan sajia kuliner bakso di daerah maupun tempa lainnya sehingga bakso laksana menjad terkenal.

8. Keripik Sukun
Makanan ringan khas Tasikmalaya yan disebut dengan keripik sukun ini berbaha dasar buah sukun yang sudah matang Buah sukun tersebut diolah sedemikia rupa dengan cara dipotong kecil keci kamudian digoreng dan dibumbui. Keripi sukun ini sering dijadikan cemilan ole masyarakat Tasikmalaya sebagai tema minum teh atau teman berkumpu bersama sanak saudara. Kamu juga bis membawa keripik sukun kha Tasikmalaya ini sebagai buah tanga karena saat ini keripik sukun sudah disajikan dengan bungkus yang modern dan mudah dibawa.

9. Kupat Tahu Tasikmalay
Kupat tahu merupakan satu dari sekia banyak sajian kuliner khas Tasikmalay yang harus kamu coba ketika berkunjun ke Tasikmalaya. Kupat tahu Tasikmalay biasanya banyak dijual oleh para pedagang kaki lima. Rasanya sediki berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya karena menggunaka campuran bumbu yang khas asli dar Tasikmalaya. Tampilannya boleh jad sama dengan kupat tahu dari daerah lain namun rasanya beuh sangat lezat kha masakan sunda Tasikmalaya. Jika kam penasaran dengan rasa kupat tahu Tasikmalaya, maka kamu dapat datang ke Jalan Raya Mangunreja, Singaparna disitu ada penjual kupat tahu Tasikmalaya yang rasanya enak.

10. Martabak Ramayana
Bagi kamu penggemar makanan manis harus dan wajib mencoba martabak ramayana yang dijual di Tasikmalaya Belum ke Tasikmalaya jika belu mencoba rasa martabak ramayana ini Martabak ramayana dapat kamu temuka di Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya Martabak ramayana lebih enak jik disantap langsung setelah selesai dibua karena masih hangat ditambah tabura topping yang pas sesuai selera.

11. Tahu Bulat
Makanan khas Tasikmalaya selanjutny ada tahu bulat. Makanan yang sempa booming sampai ada jenis game berjudu tahu bulat ini dulunya tidak terlal terkenal. Namun, saat ini para pedagan sudah melakukan inovasi pada produkny sehingga tahu bulat menjadi booming Salah satu bentuk inovasi para pedagan tahu bulat adalah dengan taglin “digoreng dadakan” dimana tahu bula disajikan masih panas dengan cara digoreng dadakan ketika ada orang yan membeli serta dibubuhi bumbu kering rasa balado, asin, atau pedas. Selain itu penjual tahu bulat juga berjuala berkeliling menggunakan mobil bak terbuka yang bagian belakang disula menjadi tempat memasak tahu dan jingl iklan yang familiar di telinga masyarakat Rasa dari tahu bulat ini sangat khas da unik dengan tekstur yang kenyal da gurih. Tahu bulat ini enak dimakan tanp didampingi makanan lain, cukup es te manis saja.

12. Cilok Goang
Makanan khas sunda Tasikmalaya yan satu ini mempunyai rasa pedas denga tekstur yang kenyal dan gurih saa dimakan. Ditambah dengan bumb khasnya yang super enak dan samba goang sebagai siraman kuahnya. Cilo goang sejatinya merupakan sajian cilo atau aci dicolok yang disiram denga kuah sambal goang sehingga dinamaka dengan cilok goang. Meskipun cilo berasal dari sajian makanan ringan ac yang dicolok, namun dalam cilok goan ini acinya tidak dicolok atau ditusu melainkan hanya dibiarkan begitu saj kemudian disiram kuah goangnya. Tida lupa tambahan mie kering, ceker ayam tahu, dan juga taburan bawang gorengny agar rasa cilok goang ini menjad semakin lezat.

13. Pecel Oranye
Pecel oranye ini merupakan warung yan menyajikan sajian kuliner Tasikmalay legendaris yang sudah ada sejak tahu 1925. Beberapa menu makanan yan dijual di warung ini adalah gado gado lotek, karodek, pecel bumbu kacang da sejumlah makanan khas Sunda lainnya Makanan di warung makan ini dijua dengan harga mulai 15 ribu rupiah saja cukup murah bukan? Warung makan yan menyajikan sajian makanan Sunda in terletak di Jalan Empang, Tasikmalay tepatnya di seberang Hotel Selamat.

14. Mie Ayam Pelangi
Berlokasi di Jalan HZ Mustofa Nomor 362, kedai mie ayam pelangi in menyajikan sajian kuliner olahan mi yang berwarna warni. Warna warna dar mie ini berasal dari pewarna makana alami yang berasal dari sayur sayuran ada warna hijau dari bayam, kuning merah, dan juga warna putih. Satu pors mie ayam pelangi dijual dengan harga 1 sampai dengan 15 ribu rupiah tergantun dari tambahan bahan apa yan dicampurkan, misalnya bakso atau lau lainnya.

15. Warung Upnormal
Salah satu tempat makan yang ada di Tasikmalaya ini bisa dibilang warun burjo exclusive karena menu yan disajikan hanya menu menu ringan yan biasa dijual di warung burjo hanya saj harganya lebih mahal. Tempatnya sanga cozy, asik, dan banyak dijadikan tempa nongkrong oleh anak muda Tasikmalaya Warung upnormal sudah membuk cabang di kota kota besar lainnya sepert Jogja, Solo, dan juga Jakarta. Kalau di Tasikmalaya, warung upnormal ini berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 73 da tidak pernah sepi pengunjung bahka sampai waiting list apalagi di malam minggu.

16. Pancake di Kedai Kake
Masih berada di Jalan Empang Tasikmalaya berdekatan dengan warun makan pecel oranye ada juga kedai kak yang berkonsep unik dan didominasi dengan perabotan dan hiasan kayu. Keda kake ini menjual berbagai jenis olaha adonan menjadi pancake dengan rang harga dari 15 sampai dengan 31 ribu.

17. Opak
Oleh oleh makanan khas Tasikmalay bernama opak ini sangat populer. Selain dijadikan oleh oleh, opak ini juga menjad makanan ringan yang wajib disajikan saa ada acara hajatan atau acara syukuran Opak sangat digemari oleh masyaraka Tasikmalaya, sehingga banyak sekal pedagang makanan yang menjual opa ini. Jangan takut tidak sempat mencicip opak ketika berada di Tasikmalay karena kamu akan dengan mudah menemukan sajian kuliner makana ringan ini.

18. Wajit
Harganya murah dan rasanya yang leza adalah daya tarik tersendiri dari wajit ini Wajit adalah makanan ringan yang dibua dari ketan dan dicampur dengan kelap yang dihaluaskan kemudian dimasa bersama dengan gula merah. Terakhi sebelum disajikan wajit ini dibungku dengan daun jagung berwarna putih. Waji Tasikmalaya mempunyai cita rasa yan manis cocok bagi kamu pecinta makana manis. Wajit Tasikmalaya wajib kam coba ketika berkunjung ke Tasikmalaya Bisa juga kamu jadikan oleh oleh karen harganya murah dan bentuknya keci sehingga kamu tidak akan kerepotan saa membawanya.

19. Nasi TO Tasik
Berikutnya akan disajikan resep makana khas Tasikmalaya yang mempunyai nam beken Nasi TO Tasik atau Nasi Tutu Oncom Tasik. Dalam bahasa Sunda tutug mempunyai arti menumbuk karen tutug oncom dibuat dengan cara diadu serta ditumbuk dengan oncom. Baha yang perlu disiapkan adalah nasi putih oncom, bawang merah, bawang putih kencur, cabai raiwt, kemangi, garam, da gula serta tambahan lauk pelengkap Pertama tama sangrai oncom dan ule bumbu hingga halus lalu tumis denga oncom. Selanjutnya masukan nasi da aduk hingga tercampur rata denga bumbu dan oncom. Begitu matang sajikan tutug oncom bersama denga lauk pauk yang telah disiapka sebelumnya.

20. Citruk
Kuliner jadul khas Tasikmalaya in sekarang sudah jarang ditemui. Citru merupakan jajanan khas Tasikmalay sejenis kerupuk yang terbuat dar campuran tepung kanji dan tepung terig yang dibentuk bundar mirip dengan koi logam. Citruk merupakan singkatan dar aci ngagetruk yang berarti aci atau tepung kanji yang teksturnya agak kera namun rasanya renyah. Citruk bias dijadikan cemilan orang warga masyarakat Tasikmalaya karena rasanya gurih dan nagih.

21. Godeblag
Makanan khas daerah Tasikmalay berikutnya ada godeblag, yaitu makana ringan yang dibuat dari singkong atau ketela pohon yang ditambah denga bumbu yang banyak didapatkan di pasar Sentra penghasil godeblag berada di daerah Manonjaya. Singkong atau ketela pohon yang akan diolah menjad godeblag harus yang berkualitas terbai dan tidak terkena hama atau rasanya akan menjadi aneh setelah diolah Godeblag hanya ada satu rasa, yaitu ras asin.

22. Noga Kacang
Makanan khas Kabupaten Tasikmalay berikutnya ada noga kacang yang banya diproduksi di daerah Indihiang. Nog kacang mempunyai sejarah khusus da menjadi makanan lokal yang bercita ras gurih dan bertekstur renyah serta sudah dikenal sejak tahun 1982. Noga kacan terbuat dari campuran kacang tanah da gula pasir tanpa diberi pewarna kimia pemanis buatan, maupun bahan pengawet.

23. Es Bojong
Minuman khas Tasikmalaya ini biasany disajikan saat berbuka puasa. Es bojon merupakan minuman sirup yan legendaris. Terbuat dari campuran ai sirup dan santan dengan tambaha potongan nangka, nanas, kelapa muda alpukat, tape ketan, cincau hitam, da buah durian. Keunikan dari minuman in adalah dominasi rasa santan yang peka dan sangat khas, bukan dari rasa sus kental manis karena memang tida menggunakan susu sebagai bahan campurannya.

24. Kue Aci
Kue aci terbuat dari bahan sederhan diantaranya tepung tapioka, gula mentega, dan juga telur yang dicampur menjadi satu adonan. Adonan tersebu kemudian diolah lagi menjadi kue aci Kue aci dijual dengan harga 20 rib rupiah saja per bungkusnya.

25. Ladu
Ladu adalah makanan ringan yang terbua dari beras ketan dengan cita rasa manis Ladu bertekstur mirip dengan dodo garut. Ladu banyak disajikan saat lebara tiba. Meskipun begitu sekarang sudah banyak toko oleh oleh yang menjual lad untuk dijadikan oleh oleh kha Tasikmalaya.

26. Kalua Jeruk
Kalua jeruk masuk dalam daftar makana khas Tasikmalaya. Kalua jeruk adala manisan kulit jeruk yang dipaduka dengan gula dan perasa unik sepert durian ataupun strawberry. Hal in membuat kalua jeruk menjadi makana yang bercita rasa unik.

27. Sate Maranggi
Makanan Tasikmalaya terakhir yang haru kamu coba adalah sate maranggi yan terbuat dari daging sapi yang dipoton besar besar. Daging tersebut dibaka kemudian disiram dengan sambal keca yang terbuat dari kecap, bawang merah cabai, irisan tomat, dan taburan merica serta bawang goreng. Bisa juga disajika dengan siraman bumbu kacang, sesua selera dari pembelinya.

No comments:

Post a Comment